Walikota Pekanbaru H.M Firdaus S.T,M.T resmikan pasar limapuluh Rabu,20 april 2016. Dalam acara peresmian ini ,hadir juga Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi ,Sekda Kota Pekanbaru M Noer MBS ,Kapolresta Kota Pekanbaru Kombes Pol Aries Syarief ,Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan ( Disperindag ) Kota Pekanbaru H Azwan MSi , Camat Kecamatan Lima puluh Akmal Wadi dan pejabat-pejabat dilingkungan pemko pekanbaru.

Dalam sambutannya , Walikota Pekanbaru berharap dalam peresmian pasar limapuluh ini bisa menjadi contoh bagi pasar-pasar yang ada di kota pekanbaru lainnya agar lebih konsisten dalam mengelola ,menjaga kenyamanan ,kebersihan pasar. Pembangunan pasar limapuluh ini baru rampung 50% dan masih kekurangan kios. Tidak kurang dari 102 kios dipasar Limapuluh direvitalisasi dengan menggunakan dana dari APBN yang dikucurkan melalui Kementrian Perdagangan RI. Revitalisasi pasar Limapuluh tersebut menelan anggaran sebesar Rp 8,9 miliar dari anggaran yang disiapkan Rp 10 miliar. Untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada tahun 2017 .Tahun 2017 pembangunan tahap kedua mesti harus tuntas dalam segi pembangunannya keseluruhan bangunan,tegasnya.

Disela-sela acara , Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan ( Disperindag ) Kota Pekanbaru Drs. H Azwan, M.Si juga menyampaikan, bagi pedagang yang belum mendapatkan tempat atau kios agar melengkapi persyaratannya yaitu antara lain KTP pekanbaru dan kalau bisa terdaftar sebagai anggota koperasi. Revitalisasi Pasar Limapuluh bisa menjadi percontohan sebagai pasar rakyat.