Tanjungpinang City Expo merupakah salah satu serangkaian acara pada Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi) Komsariat Wilayah I yang tahun ini dilaksanakan dan dipusatkan di halaman Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjung Pinang.

Peresmian Tanjungpinang City Expo dihadiri oleh Ketua Umum Apeksi Nasional, Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH yang merupakan Walikota Tangerang Selatan, dan Ketua Apeksi Komisariat Wilayah I (Komwil I), DR. H. Firdaus, ST, MT yang merupakan Walikota Pekanbaru. Pembukaan City Expo Di awali dengan Sambutan oleh Walikota Tanjung Pinang,
H. Syahrul, S.Pd.

Dalam pidatonya Walikota Tanjungpinang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh Kota yang tergabung dalam APEKSI Komisariat Wilayah I yang ikut berpartisipai pada APEKSI Komwil I Tahun 2019, “Ini merupakan bagian dari rangkaian hiburan yang dapat kami persembahkan kepada rekan-rekan Walikota, tamu undangan beserta masyarakat Kota Tanjungpinang, yaitu dengan menampilkan berbagai atraksi kebudayaan dari peserta APEKSI dan berharap Kota Tanjungpinang dapat lebih dikenal secara lebih meluas,” ungkap Walikota. Lebih lanjut, Walikota menyampaikan bahwa pihaknya telah memberikan ruang kepada Pemerintah Kota peserta APEKSI untuk mendirikan Stand Promosi dari daerahnya masing-masing agara dapat mempromosikan daerahnya kepada masyarakat Kota Tanjungpinang.

Peresmian Tanjungpinang City Expo ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan bersama oleh para Walikota yang hadir pada acara tersebut, setelah itu para Walikota mengunjungi tiap-tiap stand Pameran Pemerintah Kota pada Tanjungpinang City Expo. Tanjungpinang City Expo dilaksanakan selama 5 (lima) hari, mulai tanggal 24 s/d 28 April 2019.